Negara berikut adalah favorit wisata eropa untuk backpaker yang merupakan destinasi impian  untuk para wisatawan. Kenapa demikian, Bangunan dan pemandangan alamnya yang indah menjadikan daya tarik yang luar biasa bagi para traveller. Tempat-tempat popular yang sering didatangi seperti Paris, Madrid dan Italia.Tetapi pernahkah kamu membayangkan bahwa di Eropa ada Kota-kota kecil yang tak kalah indahnya yang perlu dipertimbangkan untuk dijadikan destinasi wisata. Kota-kota kecil ini masih asri dan tidak terlalu padat populasinya, udara yang segar karena masih banyak pepohonan sehingga menambah suasana nyaman dalam perjalanan menuju kesana, serta bangunan  rumah dan gedung yang masih asli arsitektur Eropa yang khas, unik dan merupakan wisata eropa favorit backpacker.

“Zadar, Spitz, Orvieto,  Sintra, Cassis, Kotor, Cesky.”

Berikut ini kota- kota kecil yang ada di Eropa yang wajib kamu datangi

Zadar, Kroasia

Kota yang berada di pesisir pantai Kroasia ini sebenarnya tidak kalah cantiknya dengan destinasi pantai lainnya. Alferd Hitchcock sampai pernah memuji kota asal Kapten Kroasia LucaModric dan Kiper subasic ini karena keindahan matahari terbenamnya. Pelabuhan Foša, Trajektna Luka Gaženica, Marina Borik, hingga Jembatan Branimir, merupakan lokasi terbaik dimana kamu bisa menikmati matahari terbenam yang paling indah didunia. Zadar yang penuh dengan reruntuhan bangunan Romawi dan Venesia semakin menambah nilai artistiknya ditambah lagi dikepung oleh laut Adriatik yang indah Sehingga kota satu ini wajib kamu masukkan dalam daftar tujuan wisata eropa backpacker kamu.

Spitz (Wachau), Austria

Diluar Ibu kota Austria, Wina,terdapatlah sebuah desa kecil, Spitz (wachau) yang tepatnya merupakan lembah Austria berpemandangan sangat indah yang dibentuk oleh sungai Danube, Posisinya ditengah-tengah antara kota Melk dan Krem. Dan sangat terkenal dengan angurnya yang berkualitas tinggi.

Kamu dapat menikmati wisata alam dengan  menjelajahi desa-desa, yang bertebaran di sepanjang Danube yang indah. Ada juga  tur bersejarah di kedai-kedai anggur yang telah berusia berabad-abad yang bisa kamu ikuti yang lebih dikenal sebagai Heuringers.

Spot Foto yang menakjubkan berlatar belakang desa Spitz jangan sampai kamu lewatkan tentu saja sambil mencicipi anggur yang melimpah serta kamu juga bisa menanyakan kepada para pembuat anggur local bagaimana cara membuat dan campuran apa saja yang mereka tambahkan.

Kedai- kedai anggur yang ada di Spitz menghidangkan pula daging dan keju dingin untuk menemani pengunjung saat minum anggur. Ada pula yang disebut ‘schmalz’ yaitu makanan yang terbuat dari lemak babi murni untuk menguatkan rasa anggur yang diminum, tentu saja untuk kamu yang muslim tidak boleh ya makan Schmalz.

Orvieto, Italia  

Kebanyakan orang tidak memilih Orvieto sebagai tujuan wisata yang harus mereka kunjungi, padahal suasana pedesaan Italia di abad pertengahan dan indah nya arsitektur gothic dan pemandangan bukit cemara serta ladang anggur sangatlah menakjubkan. Letaknya yang berada di puncak bukit wilayah Umbria Italia ini menjadi nilai tambah bagi wisatawan untuk mendapatkan foto panorama yang sangat bagus. Kamu bisa mengambil gambar dari titik tertinggi Kota Orvieto yaitu Torre del Morro.

Untuk dapat menjelajahi kota ini disediakan kereta kabel kuno .Kamu bisa melihat pemandangan Orvieto,melihat arsitektur bersejarah dan juga menikmati roti segar renyah dan anggur local mereka yaitu Anggur ‘Clssico’.

Sintra, Portugal

Sebuah kumpulan istana fantasi dan vila beraneka warna yang berada di atas bukit Taman Nasional.  Itulah Sintra yang letaknya tepat di luar ibu kota Portugal, Lisbon. Di sini banyak bekas istana Kerajaan dengan gaya arsitektur yang menarik serta pemandangan indah.

Kamu akan terpesona dengan Istana dan taman Palacio da Pena yang dipenuhi dengan gaya arsitektur dari Moor dan Manueline, namun yang paling menonjol adalah Romantisisme dari istana abad ke-19 awal. Di Sintra kamu juga akan melihat barang-barang antik, tempat foto berwarna-warni dan taman-taman yang menyenangkan, membuat perjalanan ke Sintra tidak akan lengkap tanpa melihat keajaiban ini!

Sintra merupakan tujuan wisata yang dipenuhi dengan istana-istana yang layak diabadikan, hutan yang mempesona serta daya pikat mistis tepi laut yang membawamu jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota Lisbon meski jaraknya berdekatan. Adanya gang-gang berbatu yang mengarah ke toko roti dan restoran hole-in-the-wall, dikombinasikan dengan jalur hiking subur ke pegunungan dan banyaknya istana di tepi laut, adalah pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

Ditambah lagi, orang-orang yang tinggal di Sintra sangatlah ramah. Sambutan bagi para wisatawan begitu hangat dan mereka pasti dibuat merasa seperti keluarga. Orang-orang Sintra sangat bangga dengan kota mereka dan senang menunjukkan kepada semua orang bahwa kota mereka sangatlah indah. Bila kamu pertama kali datang ke sini, sebaiknya datanglah lebih awal! Yang kedua, meskipun bus adalah pilihan transportasi yang bagus dan terjangkau, namun perjalanan menghabiskan banyak waktu karena harus menunggu bus yang tersedia untuk bisa berangkat. Alternatifnya adalah Tuk Tuks (mirip becak) yang bisa menuju ke arah manapun di Sintra, sebagai salah satu opsi untuk menghemat waktu.

Cassis, Perancis

Kamu tidak akan kecewa memilih Cassis sebagai salah satu favorit wisata eropa backpacker, Kota kecil yang terletak sdisepanjang garis pantai Prancis di wilayah Provence-Alpes-Cote d’Azur, berada tepat di seberang St. Tropez yang mewah. Kota ini dikelilingi oleh kebun-kebun anggur, jalan-jalan berbatu yang romantis.

Cassis merupakan perpaduan sempurna pesona pedesaan Perancis, Calanques biru tua yang menakjubkan (teluk alami untuk mendayung kayak, berenang dan juga hiking) dan masakan tepi laut Prancis dengan banyak pasar lokal untuk dinikmati saat berjalan-jalan.

Kotor, Montenegro

Kotor adalah sebuah kota abad pertengahan yang berada di Montenegro, yang dikelilingi jalan- jalan kecil miring dan piazza, bukit- bukit liar dan berbatu serta warna biru laut nya ‘Ria’( saluran air seperti fjord) yang airnya bertemu di Teluk Kotor.

Kamu bisa menyewa perahu kecil untuk menikmati perjalananmu berwisata disepanjang Teluk Kotor dan kamu akan melihat pemandangan kota tua dari jauh. Kota ini merupakan pusat budaya dimana merupakan perpaduan yang menarik antara seni , sejarah dan artefak budaya

Cesky Krumlov, Republik Ceko

Cesky Krumlov merupakan desa ‘dongeng klasik’ yang terdapat di Republik Ceko. Mengapa disebut desa dongeng klasik? Karena disini kamu dapat melihat arsitektur bangunan, taman- taman dan jalanan berbatu serta kastil khas abad pertengahan yang begitu mempeson.

Kamu dapat berkeliling melihat desa dongeng klasik ini kemudian naik ke menara pandang untuk melihat perbukitan hijau yang ada disekitar desa. Kamu yang suka bertualang dapat melakukan hiking atau mendayung kayak di sungai Vltava yang juga berada di daerah ini.

Makanan khas yang bisa kamu nikmati disini adalah Trdelnik sejenis kue kayu manis yang berukuran besar dan berbentuk donat dengan tongkat. Makanan ini sangat pas dinikmati di musim dingin, namun bisa juga disantap pada saat musim panas.