Bukittinggi yang merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat ini, dikenal dengan keindahan alamnya dan juga sejarah. Kota tempat kelahiran tokoh besar pendiri Republik Indonesia yaitu Mohammad Hatta ini  tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Karena banyak tempat wisata di Bukit tinggi maka kota ini layak disejajarkan dengan pulau Jawa.

Bila kamu ingin berlibur mencari kesegaran setelah penatnya rutinitas maka tempat wisata yang cocok adalah yang bernuansa alam.

“tempat wisata di bukit tinggi yang bernuasa alam…………..”

Penasaran dengan tempat wisata di Bukit tinggi yang bernuansa alam? Berikut tempat-tempat yang bisa kamu jadikan referensi untuk berlibur;

  1. LEMBAH TARUKO

Lembah Taruko atau sering disebut dengan Lembah Takapuan merupakan lembah yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang sangat besar. Lokasi tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Bukittinggi. Kamu hanya menempuh waktu perjalanan 30 menit saja untuk sampai ketempat ini, apalagi bila jalanan lengang paling hanya memakan waktu 15-20 menit. Perjalanan menuju kesana merupakan perjalanan yang menyenangkan walaupun jalan yang dilalui agak sempit dan berliku tapi kondisi jalan sudah bagus dan rapi.Kamu akan menyusuri anak sungai  dan jalan yang kanan kiri nya ditumbuhi pohon besar yang rindang. Setelah keluar dari kawasan  yang mirip dengan hutan barulah sampai ke lembah Taruko. Area Parkir ada dipinggir sungai kemudian  berjalanlah melalui  kebun maka itulah titik terbawah Lembah Taruko.. Jangan lupa untuk menikmati kesegaran air sungai di Lembah Taruko ini, pastikan kamu membawa pakaian ganti ya… jangan sampai menyesal karena tidak bermain air disana. Lembah Taruko ini juga dilengkapi dengan  dua restoran yang bernuansa alam yaitu Kafe Taruko dan Restoran Kapatoman. Perjalanan ke Lembah Taruko diakhiri di Desa Kapatoman yaitu desa yang paling terpencil. Untuk kesana naik melalui bukit yang menjulang sekitar 100 m dari lembah. Dari atas bukit itu kamu bisa melihat betapa indah nya pemandangan Lembah Taruko dan sekitarnya.

  1. TAMAN PANORAMA NGARAI SIANOK

Tempat wisata di Bukit tinggi ini memiliki pemandangan indah dan udara yang sejuk, banyak nya pepohonan dan tempatnya yang menghadap ke Ngarai Sianok menjadikan tempat ini memiliki daya pikat yang tinggi bagi para pengunjung. Lokasi nya ada di Jalan Panorama, Kaya Kubu, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Disana ada Tiga pintu loket, dua pintu dijalan Panorama dan satu pintu ada di Jalan Ngarai Sianok. Tiket masuk untuk orang dewasa Rp.15.000,- , untuk anak- anak Rp. 10.000,- dan untuk wisatawan mancanegara Rp. 20.000,-. Setelah kamu melewati gerbang maka akan Nampak pemandangan Ngarai Sianok dari jauh. Bagi kamu yang tidak suka atau tidak memiliki waktu luang untuk sampai ke dasar ngarai, cukup bisa menikmati pemandangan Ngarai Sianok dari Taman ini dan mengambil foto dengan latar belakang pemandangannya dan tulisan merah yang bertuliskan Panorama Ngarai Sianok. Tidak hanya pemandangan indah yang kamu temui disana ada sebuah tempat yang bersejarah yaitu Lobang Jepang. Lobang Jepang merupakan peninggsudah berusia sekitar 77 tahun. Lubang ini memiliki banyak sekali pintu. Panjang nya sekitar 6 KM dan merupakan salah satu gua terpanjang di Asia. Kamu akan menemui 21 lorong disana yang berfungsi antara lain sebagai ruang amunisi,ruang pertemuan, ruang pelarian, ruang penyergapan, penjara dan lain sebagainya. Keren kan ? selain melihat pemandangan alam kamu sekaligus bisa melihat tempat peninggalan sejarah disini . Untuk masuk ke Lubang Jepang tidak dipungut biaya sama sekali, karena kamu sudah membayar di pintu masuk Taman Panorama. Satu lagi tempat baru yang ada di Taman Panorama Ngarai Sianok ini yaitu Viewing Plafform. Sudah banyak tempat-tempat wisata yang membangun viewing platform yang mana ini adalah semacam balkon yang dibuat dari susunan kayu diatas pohon besar atau gardu pandang istilah lainnya. Taman Panaroma Nalan Jepang yang garai Sianok memiliki 3 Viewing Platform, 2 menggantung di pohon besar dan satu yang bertuliskan I Love you. Dari gardu pandang ini akan semakin jelas keindahan alam yang terpampang didepan mata, membuat fresh dan bahagia.

  1. AIR TERJUN LEMBAH ANAI

Air terjun yang cantik ini berada di tepi Jalan Raya Padang- Bukittingi dikaki Gunung Singgalang, Kabupaten Tanah Datar. Karena termasuk dalam kawasan Cagar Alam Lembah Anai maka Nampak suasana yang alami ,sejuk karena banyaknya pohon besar dan hutan yang lebat. Banyak pengendara yang berhenti sejenak karena terkagum – kagum melihat keindahan air terjun ini.  Air terjun yang berada ditepi jalan ini sebenarnya hanyalah salah satu dari tujuh air terjun yang berada di Lembah Anai. Keren kan? Bagi kamu yang ingin melihat enam air terjun lainnya dapat menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Tiket masuk terbilang sangat murah yaitu Rp. 5000,- saja.  Kamu juga bisa menikmati fasilitas seperti tempat parkir yang luas, warung makanan, toko souvenir dan bahkan ada juga penginapan. Wah gak kebayang menginap di daerah yang sejuk dan berpemandangan indah pasti menyenangkan.

  1. DANAU MANINJAU

Tempat wisata diBukittinggi yang satu ini berupa danau yang sangat indah. Kamu harus melalui route legendaris , kelok 44 yaitu jalur yang berliku sejumlah 44 kelokan yang mendebarkan untuk bisa mencapai Danau Maninjau. Danau ini memiliki panjang 16 km dan lebar 7 km serta kedalaman165m2 membuat danau ini menjadi danau terluas kesebelas di Indonesia. tempat terbaik untuk menikmati keindahan Danau Maninjau dibeberapa kilometer sebelum sampai, yaitu dikelok 23 dan dikelok 30, dari kelok-kelok ini kamu bisa melihat danau yang indah terbentang dan dihiasi dengan hamparan sawah. Jangan sampai terlewatkan ya tempat yang satu ini kalau kamu pergi keBukittinggi.

  1. JANJANG KOTO GADANG

Janjang Koto gadang disebut- sebut sebagai replika dari tembok besar China. Lokasi nya masih berada disekitar Ngarai Sianok, Bukitttinggi. Walaupun panjangnya hanya 1,5 km tidak seperti  tembok China yang memiliki panjang 8.851 Km Janjang Koto Gadang menawakan kepada para pengunjung pemandangan hutan yang indah dan tebing yang lebih curam. Disini terdapat ribuan anak tangga yang harus kamu lalui maka fisik dan perbekalan seperti minum harus dipersiapkan. Untuk bisa melaluinya kamu bisa memilih dua pintu masuk yaitu melalui Lubang Jepang atau Ngarai Sianok. Jika Kamu lewat Lubang Jepang akses jalan lebih mudah karena banyak jalan menurun. Kalau memilih lewat Ngarai Sianok maka trek lebih menantang karena alur jalan berkelok dan sempit. Tetapi tidak perlu cemas disana ada banyak spot untuk beristirahat. Selama menyusuri Janjang Koto Gadang dengan pemandangan menawan ini jangan lupa untuk berfoto karena sayang jika tidak diabadikan.Disini kamu tidak dipungut biaya sama sekali, kamu hanya membayar uang parkir saja.

Beberapa tempat wisata diBukittinggi yang bernuansa alam ini bisa kamu jadikan pilihan untuk mengisi liburan kamu… semoga bermanfaat…