Setiap umat Islam didunia ini pastilah ingin sekali pergi ke Baitullah untuk menyempurnakan ibadah nya dengan Haji atau Umrah.  Tentu saja bagi mereka yang secara fisik dan finasial mampu melaksanakannya. Haji hukumnya wajib sedangkan Umroh hukumnya Sunnah. Mereka yang mampu secara fisik dan finansial ada yang langsung Haji tanpa Umroh terlebih dahulu, kemudian mereka kembali ke  lagi Baitulloh untuk Umroh.  Tetapi Umroh merupakan alternatif pilihan bagi mereka yang secara finansial belum mampu untuk Haji dan ingin sekali merasakan pengalaman beribadah Haji kecil. Tidak jadi soal karena pahala nya juga tinggi melaksanakan umroh. Yuk simak tulisan dibawah ini mengenai Umroh dan persiapan.

“Mengingat hampir 70% ibadah bertumpu pada ketahanan fisik.”

Haji kecil. Tidak jadi soal karena pahala nya juga tinggi melaksanakan umroh. Bagi yang pertama kali pergi umroh ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan:

PEMILIHAN WAKTU

Orang Indonesia terbiasa dengan dua musim saja, panas dan hujan begitu juga di Arab Saudi hanya mengenal dua musim yakni panas dan dingin.Tetapi dari segi kelembabapan sangatlah berbeda karena Arab Saudi jarang turun hujan.

Mekah dan Madinah adalah dua kota yang pastinya akan kamu kunjungi ketika Umroh. Letak dua kota yang terpisah sekitar 600 Km ini memiliki perbedaan suhu karena letak geografisnya  juga berbeda. Suhu di Mekah dimana Ka’bah dan Masjidil Haram terletak memiliki suhu yang lebih tinggi dari Madinah dan   karena posisinya sejajar dengan air laut maka Mekah selalu panas sepanjang tahun sehingga tingkat kelembapannya rendah dan ini yang membuat panas semakin menusuk.

Mempertimbangkan cuaca adalah satu alasan mengapa kamu harus menetapkan waktu yang tepat ketika Umroh, mengingat waktu dan proses ibadah Umroh cukup panjang.

Untuk kamu yang bekerja dikantor, maka pastikan izin sudah diurus jauh hari sebelum kamu mendaftar dan tahu tanggal pemberangkatan Umroh. Pastikan segala pekerjaan telah selasai dengan baik atau setidaknya ada yang mengurus ketika kamu pergi agar tidak mengganggu khusyuk nya ibadah disana.

MEMPERSIAPKAN FISIK DAN MENTAL

Selanjutnya yang sangat penting mengenai umroh dan persiapan nya adalah fisik dan mental. Mengingat hampir 70% ibadah yang dilakukan bertumpu pada ketahanan fisik. Thawaf dan Sa’I dilakukan dengan berjalan kaki ditengah teriknya suhu di Arab Saudi. Maka kamu harus mempersiapkan ketahanan fisik mu dengan olahraga yang sudah dilakukan jauh hari seperti berjalan kaki secara teratur, Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi hendaknya adalah makanan yang sehat dan bergizi.

Sebelum berangkat biasanya kita akan di vaksin meningitis terlebih dahulu untuk mencegah penularan virus, tetapi lebih baik lagi kalau kita tambah dengan vaksin lainnya contoh vaksin influenza atau vaksin lainnya.

Menjaga pola makan, tidur atau istirahat ketika disana juga penting, jangan sampai keasyikan ibadah akhirnya mengabaikan kesehatan.  Tips bagi kamu ketika disana jangan langsung minum air dingin, biarkan lah tubuh beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan. Perbanyak konsumsi buah- buahan dan air zam –zam.

Untuk persiapan mental agar ibadah lebih khusyuk kamu harus menghilangkan fikiran negative dan ikhlas meninggalkan apa yang dimiliki seperti harta, anak istri/suami. Yakin bahwa Allah akan menjaga dan menolong keluarga kita ketika berada di Tanah suci. Karena apabila tidak begitu maka otomatis hati sedih akan membuat system imun tubuh kita menurun sehingga menjadi gampang terkena penyakit.

Kemudian memintalah maaf dan doa restu pada orang tua dan saudara serta tetangga yang seringkali kita berinteraksi dengan mereka, aga perjalanan ibadahmu lancar

MEMPERSIAPKAN PERLENGKAPAN UMROH

Kamu harus teliti untuk mempersiapkan perlengkapan Umroh mu agar ketika disana kamu tidak panik harus membeli dan mencari ketika pakaian atau perlengkapan mu kurang. Antara perempuan dan laki-laki tidak jauh berbeda maka ini beberapa hal yang perlu kamu siapkan;

  • Baju untuk sehari-hari sekiranya cukup untuk tiga hari tidak mencuci, karena biasanya ibadah umrah selama 9 – 15 hari dan sesuaikan juga dengan jadwal yang akan dilakukan di tanah suci.
  • Sarung 2 atau 3 ( laki-laki)
  • Celana panjang /baju koko(laki-laki)
  • Baju/kaos untuk sehari –hari (laki-laki)
  • Baju ihram
  • Baju yang enak dan santai untuk dipakai tidur dua tau tiga.
  • Kaos kaki untuk dipakai sehari-hari, sehingga paling tidak membawa 3-4 pasang.
  • Buku do’a dan al-qur’an kecil, jika ada do’a yang masih perlu di hafal sehingga tidak kerepotan lagi Mukena, boleh dengan bawahannya, atau sekedar atasannya saja karena bawahannya bisa langsung dengan rok dan kaos kaki yang digunakan. Selama masih menutup aurat dengan benar.
  • Bawalah underwear  untuk 3 hari, jadi ada jeda waktu untuk memcucinya.
  • Pentyline dan pembalut untuk persiapan jika tiba-tiba datang bulan,keputihan dan lain-lain sehingga dapat menghindari najis dan menghemat pakaian.
  • Alat mandi : shampoo, pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, sabun cuci muka, minyak wangi.
  • Bawalah pelembab, hand body , yang biasa dipakai untuk perlindungan karena udara di sana kering.
  • Kaca mata dan masker, diperlukan ketika dalam perjalanan ke luar supaya terlindung dari panas sinar matahari dan juga debu.
  • Obat-obatan yang biasa digunakan sehingga tidak berlebihan. Misalnya minyak angin, obat magh, vitamin, suplemen/ vitamin, obat diare,obat flu, obat pusing.
  • Sendal dan sepatu santai yang bisa digunakan sehari-hari maupun bepergian.
  • Jaket untuk antisipasi jika diperlukan.

 MENGETAHUI APA YANG BOLEH(DO’S) DAN TIDAK BOLEH(DON’T’S)

Karena kamu akan berada di negara asing dan berada disana dalam waktu yang cukup lama maka ada hal-hal yang harus kamu ketahui,Karena peraturan di Arab Saudi cukup ketat,. Saking ketatnya ada petugas khusus yang mengawasi perilaku jama’ah dan hukumannya tidak main- main.

Do’s:

  • Disunnahkan mandi besar atau janabah
  • Meminum air zam-zam
  • Mencukur rambut

Don’ts:

  • Mengambil rambut
  • Menggunakan wewangian
  • Memotong kuku
  • Berburu binatang

MEMPERSIAPKAN DOKUMEN DIRI

Sama halnya dengan orang yang melakukan travelling keluar negri, maka terkait umroh dan persiapan kamu juga harus memperhatikan dokumen- dokumen penting agar perjalanan dan proses ibadah mu berjalan lancar. Berikut dokumen yang harus kamu siapkan dan sekaligus syarat untuk membuat visa Umroh.

  1. Paspor yang masih berlaku. (difotokopi bagian depan dan bagian belakang yang tertera alamat} Apabila nama pemegang paspor  memiliki nama tidak lebih dari 3 kata maka harus ditambah nama ayah, maka diperlukan Formulir penambahan nama dengan materai, Fotokopi KTP,Fotokopi KK terbaru
  2. KK Asli
  3. Buku Nikah bagi pasangan suami istri yang berangkat bersama.
  4. Akta kelahiran Asli (bagi jamaah yang usianya dibawah 17 tahun)
  5. Bukti suntik kuning Meningitis
  6. Surat Mahram
  7. Pas Foto
  8. Bukti transportasi dan akomodasi
  9. Tiket Pesawat PP
  10. Data pihak ysng bertanggung jawab ( lengkap dengan nomer telpon)
  11. Jadwal perjalanan Umroh Lengkap

Setelah semua dokumen terkumpul maka Travel agent yang akan membantu membuatkan visa Umroh. Satu hal penting  lagi pilihlah travel agent yang bagus dengan memperhatikan hal – hal seperti ; bahwa travel agent resmi dan sudah terdaftar, jadwal keberangkatan dan itinerary jelas,dan yang terakhir Riwayat dari travel agent dapat dipercaya. Jangan hanya terpesona dengan harga murah tapi penipu.

Semoga perjalanan dan proses ibadah mu lancar ya…. Semoga bermanfaat. Semangat untuk umroh dan persiapan nya.