Banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi didaerah Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Tulung agung. Daerah yang terkenal dengan batu marmernya ini ternyata memiliki tempat wisata yang tak kalah mempesona dibanding dengan daerah lain yang ada diJawa Timur bahkan di Indonesia lo.. Tempat wisata di Tulung agung  ini apabila dijumlah  ada sekitar 40 an lebih. Nah disini akan ditunjukkan tempat-tempat  kekinian yang bagi kamu pengguna instagram pastinya suka mengabadikan dan mengunggah nya. Ada tempat wisata air terjun, ada juga yang berupa kolam alami dan pastinya tempat wisata yang keren untuk pengambilan foto.

“Tarif masuk terbilang sangat murah hanya Rp.6000.”

1. KEDUNG TRITIS

Obyek wisata yang berupa kolam alami ini terletak di Desa Sukorejo wetan, Rejotangan, Tulung agung. Kolam yang memilki kedalaman air 10 meter ini sangat mempesona karena airnya yang berwarna biru toska. Orang didaerah sekitar sering menyebut dengan Kedung Dawuhan. Untuk menuju kesana memang agak sulit tapi bagi kamu yang suka dengan wisata alam tidak masalah kan apabila hanya berjalan sekitar 10 menit dari area parkir? Wisata dengan pemandangan indah ini  murah meriah. Kamu hanya membayar parkir saja sekitar 2000 rupiah dan kamu sudah dapat menikmati pemandangan alam dan berenang dikolam yang berair sejuk.

2. BATU GEDONG AKA WATU GEDONG

Tempat wisata di Tulung agung ini, letak pastinya adalah didaerah Desa wisata Selabor. Tempat ini merupakan wisata air alami yang berupa sungai, lebih aman dibandingkan dengan Kedung Tritis yang memiliki kedalam 10 m, sehingga biasanya dipenuhi oleh anak-anak untuk “keceh” istilah Jawanya. Untuk sampai ke lokasi bagi kamu yang menyukai wisata alam tidaklah berat hanya sekitar 100 meter dari area parkir. Walau pun berjalan kaki tapi kamu tidak akan rugi karena selama perjalanan diiringi oleh orkestra alam yang indah bikin hati adem ayem. Walaupun begitu untuk wisata alam sebaiknya memang persiapan fisik harus diperhatikan serta alas kaki juga jangan memakai hak tinggi atau sepatu yang licin.

3. RANU GUMBOLO

Rasanya tak asing ya dengan nama tempat wisata ini? ya benar sekali pastinya kamu pernah dengan Ranu kumbolo. Tapi bukan salah tulis loh ya..memang sering Ranu Gumbolo disebut Ranu Kumbolonya Tulung agung karena memang tempat wisata yang berupa danau ini sangat lah indah. Disini kamu akan menemui spot foto berupa hutan pinus dengan latar belakang danau Ranu Gumbolo dan pengambilan fotonya dari gardu pandang yang dibangun diatas pohon pinus. Selain itu kamu juga bisa kewahana menantang yang ada di Ranu Gumbolo yaitu flying fox yang tepat berada diatas danaunya. Dan juga kamu bisa duduk santai atau hammocking diantara hutan pinus nya. Tarif masuk terbilang sangat murah hanya Rp. 6000,- dan  hari libur  Rp. 8000,-parkir Rp. 2.000,- untuk Roda dua dan untuk Roda 4 Rp. 5000,-. Buka pukul 06.30 -17.30 sore. Untuk sewa hammock Rp. 5000,- dan perahu Rp. 7500,-. Nah keren kan tempat wisata Ranu Gumbolo ini, bisa  jadi referensi yang dimasukkan ke daftar travelling kamu.

4. BUKIT JOMBLO

Tempat wisata yang berupa bukit dan  berkonsep untuk foto- foto ini terletak di daerah Gunung Pakis,Desa Pakis Rejo Kecamatan Tulung agung. Kamu akan menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari pusat kota. Fasilitas ditempat wisata ini sudah tergolong lengkap seperti adanya toilet dan juga warung penjual makanan dan minuman. Walaupun namanya berkesan bahwa yang datang adalah para jomblo bukan berarti kamu harus jomblo dulu lo untuk datang kesini. Karena tempat ini selain keren untuk foto selfie tapi juga groufie. Spot foto yang paling popular disini adalah Bangunan sangkar burung yang letaknya diatas tebing dengan pemandangan perbukitan yang sangat indah. Untuk masuk kesini tidak ada biayanya , kamu hanya membayar tiket parkir saja Rp. 5000,- untuk roda dua dan Rp. 10.000,- untuk roda empat.

5. AIR TERJUN ALAS KANDUNG

Air terjun yang jatuhnya air memiliki tiga tingkatan ketinggian yang berbeda –beda ini memiliki pemandangan yang indah. Lokasinya ada dipinggiran Alas (hutan) Kandung Desa Kanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulung agung, Jawa Timur. 28 Km dari kota Tulung agung dan 30 Km dr Kota blitar dan hanya membutuhkan 1 jam perjalanan saja.  Air nya yang kebiru biruan akan membuat kamu tergoda untuk berenang dan berlama- lama menikmati indahnya pemandangan. Kedalaman nya sekitar 4-8 meter maka bagi kamu yang tidak bisa berenang dan tidak membawa perlengkapan yang , sebaiknya jangan berlama-lama berendam disana. Banyak lokasi yang juga bisa dijadikan spot untuk berfoto. Anak- anak juga disediakan tempat prosotan yang memanfaatkan aliran air terjun untuk berseluncur. Untuk harga tiket hari biasa dan libur sama Rp. 5000,-. Buka pukul 6.00 dan tutup pukul 18.00 sore.

6. COBAN KROMO

Air terjun ini terletak didesa pelem, campur darat, Kabupaten Tulung agung. Perjalanan untuk menuju kesana tidaklah sulit, kamu hanya membutuhkan waktu 20 menit dari pusat Kota Tulung agung. Ternyata ditempat wisata Coban Kromo ini kamu tidak Cuma menemukan satu air terjun saja tetapi ada dua yaitu air terjun Kaliso dan Tumpek Luweng. Kamu bisa menikmati pijat air terjun di Kaliso dan berendam disana sedangkan di Luweng bagi yang bisa berenang boleh mandi disana. Dan juga dengan panorama  yang begitu mempesona pasti kamu  tidak akan melewatkan moment berfoto disana.Untuk masuk ke Coban Kromo kamu cukup membayar retribusi Rp. 5000,- saja.

7. PANTAI LUMBUNG

Tempat wisata satu ini salah satu tempat antimainstream yang lokasi nya ada didesa Pucanglaban Kabupaten Tulung agung. Untuk sampai ke pantai Lumbung hanya membutuh kan 1 jam perjalanan dari pusat kota. Jalan menuju kesana memang belumlah bagus sehingga hanya kendaraan roda dua saja yang bisa kesana, karena pantai ini masih terbilang perawan, masih bersih dan alami. Hamparan pasir putihnya masih bersih dan berkilau apabila terkena sinar matahari. Setelah tiba dilokasi kamu akan menuruni tangga yang terbuat dari kayu setinggi 30 meter untuk mempermudah menuruni bukit hingga bisa sampai ke bibir pantai. Ciri yang dimiliki pantai lumbung selain pasirnya yang bersih dan putih adalah batu raksasa yang berbentuk unik yang ada dipinggir pantai. Oleh karena itu dinamakan dengan  Pantai watu lumbung  atau pantai batu raksasa. Masih banyak lagi Tempat  Wisata di Tulung agung yang bisa kamu kunjungi seperti pantai Brumbun, Molang,Pucang Sawit,Pathok Gebang,Plopoh,Dlodo dan Pantai Pacar. Sedangkan perbukitan selain Bukit jomblo ada juga Bukit Cemenung. Tulung agung juga memiliki banyak candi yang bisa kamu kunjungi seperti; Candi Ampel, Penampihan,Boyolalu, dadi dan candi Sanggrahan. Bagaimana? Menarik bukan? Tidak usah jauh-jauh ke luar negri eksplore dulu saja keindahan Indonesia. Selamat berwisata dan semoga bermanfaat.