Ketika kamu mendengar kata wisata ke Jepang apa yang terlintas dalam fikiran mu? Oshin? Sakura?Nippon? orang berkulit putih dan bermata sipit? Kamu benar .. semua hal itu mengingatkan kita pada Jepang.  Banyak tempat wisata dan hal-hal yang menarik yang bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki rencana untuk berlibur kesana tentunya bukan saat ini yaa… karena saat ini dunia tengah digemparkan dengan wabah Covid -19. Tetapi tidak ada salah nya menyimak tips dan panduan ini sambil membayangkan dan berencana kapan bisa pergi ke Jepang. Membayangkan saja sudah bisa bikin bahagia apalagi sampai kamu bisa beneran kesana.

“Visa Waiver ini adalah tiga tahun dengan masa tinggal di Jepang maksimal 15 hari……”

Apakah pergi kamu wisata ke Jepang baru pertama kali? Kalau begitu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Mengurus Visa, jenis transportasi dan juga waktu yang tepat untuk pergi kesana. Semakin baik persiapan kita maka semakin lancar perjalanan kita menikmati suasana Jepang.

MENYIAPKAN PASPOR DAN VISA

Paspor merupakan dokumen penting dan resmi yang memuat identitas seseorang atau pemegangnya, wajib dimiliki oleh orang yang akan berpergian keluar negri.Tidak Punya paspor maka kamu tidak diijinkan masuk oleh petugas imigrasi yang ada di bandara atau pelabuhan. Untuk pergi ke Jepang paspor elektronik(paspor dengan logo chip disampul depan)  adalah pilihan yang tepat .Paspor elektronik ini menggunakan teknologi canggih yang memiliki data biometric seperti sidik jari dan bentuk wajah yang bisa dikenali lewat pemindaian.Dengan E-Paspor kamu bisa bebas Visa. Pengertian bebas visa disini adalah mengajukan visa wavier untuk bukti kunjungan bebas visa. Bukti  kamu melapor ke Kedutaan Besar Jepang kalau kalau kamu  akan mengunjungi negaranya itulah yang dinamakan Visa Wavier. Dengan Visa ini keluar masuk Jepang jadi lebih mudah. Masa berlaku “Visa Waiver ini adalah tiga tahun dengan masa tinggal di Jepang maksimal 15 hari,”  Visa wavier ini didapat apabila kamu memiliki E-Paspor atau Paspor elektronik. Kemudian berkas akan diverifikasi oleh kedutaan.

MENUKAR UANG

Salah satu hal yang perlu di lakukan adalah menukar uang Rupiah dengan mata uang Yen untuk memudahkan transaksi jual beli disana. Untuk menukar uang lebih baik di Indonesia saja karena secara bahasa dan kondisi kita lebih tahu. Seandainya terpaksa harus menukar uang di Jepang utamakan menukar via ATM. Pilihan terbaik untuk tempat penukaran uang adalah Authorized Money Changer atau Money Changer berizin, kenapa harus disini , karena nilai tukar nya lebih tinggi Money Changer resmi biasanya memasang logo PVA  berizin.pilihan selanjutnya adalah melalui Bank atau dibandara. Biasanya nilai tukar di Bank lebih rendah selain itu Bank biasanya meminta KTP atau NPWP. Bagaimana seandainya jika disana uang Yen kita tiba-tiba habis dan kita sangat membutuhkannya, jangan panik dulu, kamu bisa cari mesin ATM yang berlogo Indonesia disana.

ALAT TRANSPORTASI DI JEPANG

Sebagai Negara maju Jepang memiliki 7 alat transportasi yang nyaman yang akan mengantarkan para wisatawan untuk berkeliling kota bahkan sampai pedesaan. Nah kamu juga harus tahu nih alat transportasi mana yang akan kamu pakai untuk menuju tempat wisata yang akan kamu datangi.

BUS

Alat transportasi ini ada dihampir seluruh mancanegara dan sama hal nya diJepang. Tidak seperti di Indonesia kita harus berteriak-teriak untuk memanggil bus, cukup tekan saja tombol yang ada didinding bus. Harga juga terjangkau. Ketika naik bus kamu harus naik dari pintu belakang dan keluar melalui pintu depan. Uniknya ada bus gratis berbentuk Panda di Asasuka yang akan mengantarkan mu keliling kota Asasuka.

KERETA       

Salah satu alat transportasi ini juga menjadi idola diJepang karena praktis. Kebanyakan kereta di sana berbentuk SUBWAY( kereta bawah tanah) keren kan, jangan sampai kamu ga mencoba nya. Kamu bisa membeli tiket regular yang hampir sama dengan single trip di Indonesia, atau kamu bisa memakai IC( Kartu isi ulang).

TAKSI

Alat transportasi ini tersebar dan banyak didapatkan diJepang, oleh karena itu taksi masih moda transportasi yang cukup diandalkan. Kamu harus memperhatikan lampu merah yang ada di sudut depan kaca, jika menyala berarti taksi kosong dan kamu dapat menghentikannya. Jangan lupa berhati –hati karena pintu dibuka dan ditutup secara otomatis oleh pengemudi.

KAPAL FERRY

Kapal Ferry adalah salah satu alat transportasi yang cenderung murah di Jepang, jadi bisa jadi pilihan untuk kamu yang berpergian dengan budget yang tidak berlebihan. Tetapi kapal ini hanya ada sehari dua kali yaitu sore dan malam. Untuk mendapat tiket kapal lebih murah lagi kamu bisa menggunakannya pada bulan September- Desember atau Januari-Maret.

SEWA MOBIL

Kalau kamu akan berkunjung ketempat yang jauh dari kota, maka tidaklah mungkin kamu naik bus atau kereta, alternatif lain kamu bisa sewa mobil. Ada beberapa jasa sewa di Jepang yaitu JTSA, NISSAN Rent a Car, Toyota Rent a Car, dan lain-lain. Harga dapat kamu sesuaikan dengan biaya wisata kamu di Jepang. Ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan karena kamu membawa sendiri mobil sewa seperti Paspor,Kartu ETC dan SIM Jepang ( karena SIM Internasional tidak berlaku diJepang.

SEWA MOTOR

Sama halnya dengan sewa mobil kamu harus menyiapkan SIM Jepang,SIM biasa, Paspor dan kartu kredit, beberapa rental tidak menerima pembayaran deber.

SEWA SEPEDA

Nah.. alat transportasi ini biasa sekali dipakai oleh orang –orang Jepang untuk beraktifitas. Naik sepeda juga menyenangkan selain itu harga sewa lebih murah. Kamu bisa mulai memperhitungkan alat transportasi apa yang akan kamu gunakan selama disana.

WAKTU TERBAIK WISATA KE JEPANG

MARET (BUNGA SAKURA MEKAR)

Apabila kamu mau melihat indahnya bunga sakura maka waktu terbaik adalah Maret dan April dan kota –kota yang dipenuhi bunga sakura adalah Tokyo,Kyoto dan Osaka.

NOVEMBER DAN DESEMBER (Musim gugur)

Musim gugur adalah pilihan yang tepat untuk pergi Ke Jepang, pada saat ini bunga dan dedaunan banyak yang berubah warna, jadi untuk foto- foto bagus banget dan hasilnya bisa kamu share di media sosial kamu.

JULI SAMPAI SEPTEMBER (MUSIM PANAS)

Pada bulan ini banyak festival yang diadakan di Jepang jadi kalau kamu suka dengan kegiatan seperti itu kamu bisa mengunjungi Jepang disekitar bulan Juli sampai dengan Sepetember. Pasti kamu sudah menuliskan beberapa daerah wisata yang sangat ingin  kamu kunjungi kan? Nah itu juga perlu kamu rencana kan sebelum berangkat karena sangat penting dan berhubungan dengan budget, alat transportasi apa yang akan kamu gunakan dan juga apa saja yang akan kamu bawa ketika kesana. Jangan sampai kamu disana kehabisan uang padahal masih banyak tempat yang belum dikunjungi.

Semoga bermanfaat dan selamat berwisata ke Negeri Sakura…….